Langsung ke konten utama

Cara Membedakan Burung Lovebird Jantan dan Betina Dewasa 95% Ampuh

Bagaimana cara membedakan jenis kelamin Lovebird Jantan dan Betina? Pertanyaan tersebut mungkin pernah muncul dalam benak kita, dan kita berusaha untuk mencari informasi tersebut dengan beberapa sumber yang berbeda dan terpercaya. Benar kan? Bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai cara membedakan jenis kelamin lovebird, kemu tepat sekali membaca artikel ini !

Burung lovebird merupakan salah satu jenis burung yang sangat susah untuk membedakan jenis kelaminnya. Hal ini karena, secara kasat mata baik jantan maupun betina memiliki bentuk yang sama. Beda halnya jika kita melihat jenis burung lain seperti merpati atau mungkin burung murai, jenis burung ini antara betina dan jantan perbedaan dari luar cukup mudah terlihat.

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina
Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina
Langsung saja kita bahas bersama-sama, ada 10 poin penting yang admin bahas mengenai cara jitu untuk mengetahui jenis kelamin lovebird jantan dan betina. Sumber ini berdasarkan pengalaman para mastah pembudidaya lovebird di Indonesia dan kebenaran mengenai cara membedakan jenis kelamin lovebird pada artikel ini saya targetkan 95 % ampuh !

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina

Agar lebih jelas dan terarah, kita hanya membahas mengenai cara membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina untuk jenis lovebird berkacamata, tidak semua jenis akan kita bahas. Berikut ini 10 cara membedakan jenis kelamin lovebird :

Ciri-ciri lovebird Jantan
  1. Ukuran paruh jantan lebih kecil dari betina
  2. Bentuk kepala bulat tetapi agak rata di bagian atas (papak) dan ukuran lebih kecil dari Betina.
  3. Ekor lovebird jantan berbentuk huruf  V.
  4. Memiliki ukuran body secara umum kecil.
  5. Saat dipegang terasa ringan atau tidak berisi.
  6. Saat lovebird jantan bertengger kakinya lebih rapat dari betina.
  7. Memiliki bentuk supit urang sempit atau rapat.
  8. Suara ngekeknya lebih pendek.
  9. Saat birahi, lovebird jantan seperti sedang meloloh serta menganggukkan kepala.
  10. Lebih agrsif dan lincah
Ciri-ciri Lovebird Betina
  1. Ukuran paruh lebih besar dari lovebird jantan.
  2. Ukuran kepala juga lebih besar dan lebih menonjol ke atas.
  3. Bentuk ekor menyerupai huruf U.
  4. Memiliki ukuran body lebih besar dari Lovebird Jantan.
  5. Saat dipegang lovebird betina lebih berisi atau berbobot daripada lovebird jantan.
  6. Saat sedang bertengger jarak antara kakinya melebar, tidak seperti jantan yang rapat.
  7. Memiliki bentuk supit urang yang lebar dan cenderung dekat dengan bagian tulang dada.
  8. Suara ngekeknya lebih panjang.
  9. Saat sedang birahi lovebird betina membuka buka sayapnya.
  10. Lovebird betina lebih anteng atau tenang.
Itulah sedikit pembahasan mengenai cara untuk membedakan jenis lovebird jantan dan betina. Ketentuan-ketentuan di atas berlaku bagi lovebird yang sudah berusia beranjak dewasa, semantara untuk mengetahui jenis kelamin lovebird yang masih paud/kecil tentu tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Semoga artikel ini bermanfaat, sekian terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lovebird Lutino Mata Merah dan Hitam : Ciri-Ciri Fisik, Foto dan Perawatannya

Lovebird Lutino Mata Merah dan Hitam - Seperti yang kita ketahui, lovebird memiliki banyak sekali variasi warna. Variasi warna tersebut dibentuk bari perkawinan silang antara jenis lovebird yang berbeda. Lovebird Lutino merupakan salah satu jenis lovebird yang cukup populer di kalangan pecinta lovebird di seluruh Indonesia. Jenis Lovebird Lutino merupakan hasil dari perkawinan silang antara jenis lovebird, sehingga muncul jenis warna baru. Lovebird Lutino memiliki nama latin yaitu "Agapornis Roseicollis".  Lovebird ini tentu memiliki ciri khas warna yang berbeda dengan jenis warna lovebird lainnya. Lovebird Lutino sendiri memiliki dua jenis lagi, yaitu yang matanya warna merah dan warna hitam. Foro dan ciri-ciri Lovebird Lutino Di Indonesia, lovebird lutino sering kita jumpai baik dipelihara oleh pecinta burung, dilombakan, atau pun bisa kita lihat dikalangan pembudidaya Lovebird. Lovebird Lutino termasuk jenis lovebird yang memiliki harga menengah ke atas, yaitu sekitar 500

Harga Lovebird Biola Terbaru November 2017

Harga Lovebird Biola – Hai semua pecinta lovebird di Indonesia,, Pada kesempatan kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai harga burung lovebird Biola terbaru update November 2017. Berapa sebenarnya harga burung lovebird biola? pertanyaan tersebut bisa kalian ketahui pada artikel kali ini. Lovebird jenis warna dengan nama lovebird biola merupakan jenis yang cukup langka di dunia, apalagi di Indonesia. Jenis warna ini sangat unik, pada bagian tubuh sampai ke leher warnanya hijau, sementara pada bagian kepala warnanya yaitu orange / oranye atau apalah, hehe (bisa dilihat pada gambar dibawah ini). Foto Lovebird Biola Dari kualitas warnanya yang begitu indah dan juga sulit untuk mencetaknya, jenis warna lovebird ini memiliki harga yang terbilang “Sangat Mahal”. Berdasarkan analisa penulis, levebird ini memiliki campuran warna antara warna hijau biasa dan lutino. Jadi apa bila kalian memiliki lovebird warna tersebut bisa jadi dapat menghasilkan anakan biola. Karena seperti yang kita k

8 Jenis Burung Murai Batu Asli Indonesia dan Gambarnya

Jenis Burung Murai Batu di Indonesia - Burung Murai Batu adalah burung yang ciri-cirinya yaitu "memiliki tubuh indah" dengan ekor yang panjang dan suaranya keras serta nyaring. Murai batu sudah sangat populer bagi kalangan pecinta atau pengoleksi burung di Indonesia. Banyak sekali masyarakat yang memelihara burung murai batu baik untuk peliharaan dirumah, untuk dilombakan atau bahkan untuk di ternak dan tentunya menghasilkan uang (banyak). Kepopuleran burung Murai Batu membuat para pecinta burung berlomba-lomba mendapatkan burung ini. Akibat semakin banyaknya murai batu yang dipelihara oleh masyarakat membuat keberadaan murai batu di habitat aslinya mulai punah, hal tersebut pernah disampaikan oleh lembaga IUCN (lembaga konservasi Dunia). Langkah yang dilakukan pemerintah kemudian membuat kebijakan bahwa burung tersebut sekarang sebagai hewan yang dilindungi. Jenis-jenis Ekor Murai Batu Kembali ke topik yang akan kita bahas mengenai jenis-jenis burung Murai Batu yang ada di